Jakarta, AuraPos.id – Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi melansir tagline baru Dukcapil PRIMA. Slogan ini membawa harapan besar dalam pembaharuan dan meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Indonesia.
“PRIMA membawa arti mendalam dan membawa makna amat penting untuk mewujudkan pelayanan berkualitas lebih baik di lembaga Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri,” kata Teguh, dalam keterangan tertulis, Rabu (11/10/2023)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2024/08/WhatsApp-Image-2024-08-10-at-19.42.17-1.jpeg)
Lebih lanjut, Teguh menjelaskan makna dari PRIMA, huruf P memiliki makna profesional. Menurutnya prinsip profesionalisme adalah fondasi utama agar semua petugas Dukcapil harus memiliki tingkat keahlian yang tinggi dalam menjalankan tugas. Mereka harus terlatih dengan baik, memahami hukum dan regulasi kependudukan, serta menjalankan tugas dengan integritas dan dedikasi.
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2025/02/WhatsApp-Image-2025-02-02-at-07.34.10.jpeg)
Teguh melanjutkan, huruf I bermakna inovatif, dimana Dukcapil harus terbuka terhadap penggunaan teknologi terbaru dan metode yang lebih efisien dalam mengelola data kependudukan. Ini mencakup pengembangan sistem otomatisasi untuk mengurangi waktu dan biaya administrasi serta meningkatkan akurasi data.
“Dukcapil juga harus aktif mencari cara untuk memanfaatkan teknologi informasi, seperti aplikasi seluler atau portal web, untuk mempermudah akses masyarakat ke layanan kependudukan,” jelasnya.
Kemudian huruf M, tambah Teguh, menunjukkan arti Melayani. Dia mengatakan, nilai inti Dukcapil PRIMA adalah pelayanan dari hati untuk membantu sekaligus lebih ramah, peduli, dan bersahabat kepada masyarakat.
Teguh memaparkan Dukcapil harus mengutamakan pelayanan yang memudahkan warga dalam proses pendaftaran, pencatatan kejadian penting, pengurusan dokumen kependudukan, dan mendapatkan informasi yang diperlukan.
“Ini berarti petugas Dukcapil harus menjalankan tugas mereka dengan sikap empati dan peduli, membantu warga dengan tulus, dan memastikan bahwa setiap orang merasa didengar dan dihargai, dan dipenuhi apa yang mereka butuhkan,” terangnya.
Terakhir, makna huruf A berarti akuntabel. Akuntabilitas, kata Teguh, adalah prinsip yang sangat penting dalam Dukcapil PRIMA. Hal ini berarti Dukcapil harus selalu dapat dipertanggungjawabkan atas tindakan dan keputusan yang diambil.
“Ini membutuhkan kecermatan yang luar biasa dan transparansi dalam pelayanan, pengolahan dokumen kependudukan dan pengelolaan data kependudukan, pemantauan internal yang ketat, dan tindakan korektif jika terdapat ketidaksesuaian atau kesalahan. Dukcapil juga harus memberikan laporan reguler kepada pemerintah dan masyarakat mengenai kinerja mereka,” ujarnya.
Teguh menekankan, konsep Dukcapil PRIMA sebagai landasan pelayanan, diharapkan dapat membuat Indonesia lebih cepat maju berkat pelayanan adminduk yang lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
Ia juga berharap dokumen yang dihasilkan memuat data akurat dan valid agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan mulai dari pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum, serta pencegahan kriminal.
“Dukcapil PRIMA bukan sekadar slogan, tetapi sebuah komitmen untuk memberikan pelayanan yang berkualitas dan bermanfaat bagi seluruh warga negara,” tegas Teguh.
Dengan demikian, Dukcapil dapat menjadi mitra yang andal dalam upaya pemenuhan hak-hak kependudukan dan pemberian layanan yang berkualitas kepada masyarakat Indonesia.
“Dukcapil PRIMA, Indonesia Maju,” tandas Teguh.
Sumber: @Detik.com
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2024/08/molding.jpeg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-05-at-17.35.57.jpeg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2023/03/WhatsApp-Image-2023-03-13-at-20.49.40.jpeg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2024/03/WhatsApp-Image-2024-03-05-at-17.35.57-1.jpeg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2023/11/WhatsApp-Image-2023-11-30-at-17.14.58.jpeg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2023/02/WhatsApp-Image-2023-02-05-at-12.07.37-e1675574515793.jpeg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2023/10/Hendri.jpeg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2023/08/Screenshot_20230813_202313_WhatsApp.jpg)
![](https://aurapos.id/wp-content/uploads/2023/03/sutan-att.jpeg)